Blog

  • Home
  • Bersama Penulis dari Berbagai Perguruan Tinggi, Dosen Universitas Teknokrat Terbitkan Buku Psikolinguistik

Bersama Penulis dari Berbagai Perguruan Tinggi, Dosen Universitas Teknokrat Terbitkan Buku Psikolinguistik

Salah satu dosen Universitas Teknokrat Indonesia Universitas terbaik se-Sumbagsel Dr. Heri Kuswoyo, M.Hum, membuat buku bersama 10 penulis itu dari Universitas Negeri dan swasta di Indonesia.

Buku Kajian Psikolinguistik setebal 202 halaman ini dicetak oleh Penerbit Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, untuk umum dan bisa menjadi rujukan mahasiswa.

Heri menjelaskan, buku ini membahas tentang psikolinguistik, subdisiplin ilmu linguistik yang mengkaji hubungan antara ilmu psikologi dan ilmu bahasa. Teori-teori dalam psikolinguistik dapat menguraikan proses-proses psikologi yang berlangsung jika seseorang mengucapkan kalimat-kalimat yang didengarnya pada saat berkomunikasi dan kemampuan berbahas tersebut bisa diperoleh dari manusia.

Heri melanjutkan, bersama rekan-rekanya sesama dosen, membuat buku ini penulisan buku ini dilatarbelakangi belum adanya buku pegangan bagi mahasiswa yang mudah dipahami.

Siapa Heri Kuswoyo
Dosen Universitas Teknokrat Indonesia Dr. Heri Kuswoyo, M.Hum yang kini menjadi seorang penulis lahir di kampung Desa Karang Anyar Lampung Selatan 2 Maret 1985. Setelah menamatkan pendidikan sarjananya pada tahun 2007, ia bekerja untuk Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia (UTI).

Kemudian, tahun 2012, Heri melanjutkan ke jenjang program Magister di Universitas Padjajaran Bandung. Di tahun 2017, penulis melanjutkan kembali pendidikannya dengan mengambil program Doktor di Universitas yang sama, Universitas Padjajaran, pengutamaan linguistik.

Saat menempuh pendidikan doktor, Heri Kuswoyo mendapat kesempatan mengikuti program PKPI/Sandwich-like di Northern Illinois University, Illinois, U.S selama tiga bulan. Konferensi nasional maupun iternasional telah diikuti Heri dalam mengembangkan karirnya. Konferensi internasional terakhir yang diikuti oleh Heri yaitu The 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE) di Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2020 dan The Asian ESP Journal & Asian EFL Journal tahun 2020.

Selain itu, Heri juga aktif menulis artikel di beberapa jurnal, baik nasional maupun internasional bereputasi, yaitu Lingua Cultura (Sinta 2) Leksema: jurnal bahasa dan sastra (Sinta 3), International Journal of Advanced Science and Technology (Scopus Q4), Pertanika Journal of Social Science and Humanities (Q2), The Asian ESP Journal (Scopus Q2) and ACM International Conference Proceeding Series (Scopus). Saat ini jabatan fungsional penulis adalah Lektor III/C di Universitas Teknokrat Indoesia.